Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Masakan Ayam Taliwang Spesial

loading...

Resep Masakan Ayam Taliwang Lezat

Resep Masakan Ayam Taliwang Spesial kini sudah dikenal luas di dunia kuliner. Masakan ini khas dari daerah Lombok Nusa Tenggara Barat sana. Sebuah daerah yang nuansa pemandangan alam pantainya nomor wahid di nusantara. Tak heran, sesudah turis berwisata ke Bali langsung mengarahkan tujuan selanjutnya pergi ke daerah tersebut. Tak hanya eloknya dalam dunia wisata, masakan khasnya pun banyak yang suka. Memang dalam sebuah masakan, memberi bumbu dengan berani akan menghasilkan rasa yang lezat.  Bumbunya menggunakan bumbu rempah-rempah dari nusa tenggara barat. Tiap masakan daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Beda daerah akan beda masakan khasnya. Kini jadi bikin penasaran nih, seperti apa lezatnya ya? Karena itu, ya dicoba aja segera memasaknya. Lebih cepat jadi cepat pula kita menikmatinya. Yuk, kita mencobanya:)


Bahan-bahan membuat ayam Taliwang:
- ayam buras: 1 ekor (kita kenal dengan ayam kampung)
- minyak goreng secukupnya
- jeruk limau: 1 buah , ambil airnya


Bumbu yang dihaluskan :
- cabai merah kering: 14 buah
- siung bawang merah: 10 buah
- gula jawa: 20 gr
- kencur secukupnya
- tomat buah: 1 buah
- siung bawang putih: 8 buah
- terasi goreng secukupnya
- garam secukupnya


Cara membuat masakan ayam Taliwang enak :
1. Yang pertama kali kita lakukan, belahlah ayam dari tengah dada hingga atas sampai di lehernya. Kemudian, balikkanlah ayam itu dengan ditekan hingga depan terbuka.
2. Lalu panaskanlah minyak secukupnya lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai matang dan beraroma wangi. Angkat.
3. Percikilah perasan jeruk limau pada bumbu yang ditumis tadi, kemudian aduk sampai rata.
4. Lumurilah ayamnya yang telah dibelah dengan bumbu yang ditumis tadi. Lakukan secara merata. Taruhlah di atas loyang  atau boleh juga yang datar.
5. Lalu, panggang ke dalam oven dengan panasnya 180 derajat celcius. Pangganglah sampai matang, cara memanggangnya dengan di bolak-balik ayam itu dan lumuri ayam dengan bumbu supaya menjadi enak serta meresap dan merata masuknya bumbu. Jika telah matang, angkatlah. Letakkan pada piring saji.
6. Kini sudah siap untuk dihidangkan sekarang.

Sipp, masakan kini sudah siap untuk dihidangkan. Cita rasa khasnya menjadi kelezatan tersendiri bagi hidangan ini.  Dengan bisa memasak sendiri, serasa kita sudah ke Lombok sana. Jangan lupa, hidangkan masakan ayam Taliwang sebelum dingin. Klo masih hangat, akan lebih lezat rasanya lho.  Pokoknya jangan tunggu sampai dingin. Selamat mempraktekkannya dan selamat menikmati juga! Jangan lupa kita baca juga resep nasi goreng gulung.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Masakan Ayam Taliwang Spesial