Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Bolu Delapan Jam

loading...

Resep Kue Bolu Delapan Jam

Resep Kue Bolu Delapan Jam - Kue ini termasuk bagian dari kue tradisional. Asalnya dari Palembang, Sumatera Selatan. Dengan teksturnya yang lembut dan kenyal, rasanya enak dan lezat. Konon, dinamakan kue delapan jam dikarenakan saat mengukus kue ini diperlukan waktu selama delapan jam. Bilamana dalam mengukusnya nanti kurang dari delapan jam maka kue akan menjadi tidak kenyal dan gampang hancur. Kiranya tak perlu berlama-lama, lansung aja kita lihat resepnya di bawah ini :

Bahan-bahannya:

  • gula pasir: 420 gram 
  • telur bebek: 22 butir 
  • vanili: ½ sdt 
  • tepung terigu: 2 sdm
  • margarin: 50 gram , cairkan
  • susu kental manis: 1 kaleng
  • loyang persegi ukuran 20x20 cm, olesi margarin

Cara membuat Kue Bolu Delapan Jam :

  1. Kocoklah telur bersama gula pasir, janganlah sampai terlalu mengembang, lalu saringlah. Tuanglah susu kental manisnya, aduk.
  2. Masukkan vanili dan terigu, aduk. Lalu, tuanglah margarin cair, aduk sampai rata.
  3. Berikutnya, tuang adonan ke loyang yang sudah disiapkan. Kemudian, kukuslah dengan api kecil dalam waktu delapan jam sampai matang.
  4. Sesudah itu, angkat, biarkan sampai betul-betul dingin. Sesudah dingin, potong-potonglah.
  5. Siap untuk dihidangkan.

Penting juga untuk diperhatikan, sebelum loyang dimasukkan ke kukusan, didihkan dulu airnya kemudian kecilkan apinya. Hal ini untuk membuat permukaan kuenya tak mengembang. Dalam proses pengukusan, jika air di dalam kukusan berkurang, maka tambahkan air panas supaya tidak sampai mengering. Tapi dengan perlahan saja menambahkannya. Kemudian, bungkus dengan memakai kain pada tutup dandangnya supaya air tidak menetes ke kue saat pengukusannya. Nah, selamat mencoba Resep Kue Bolu Delapan Jam.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Bolu Delapan Jam