Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Pepes Ikan Mas

loading...

Resep Pepes Ikan Mas - Ngomong-ngomong akhir pekan ini mau pergi kemana ya? Kayaknya belum ada rencana. Lagian sekarang ini juga tanggal tua alias belum gajian. Jadi tak punya uang untuk kemana-mana. Ahh, akhirnya jadi punya ide bagus ini. Baiknya, buat aja nih masakan yang istimewa. Masakan yang disenangi lidah anggota keluarga tercinta. Kini dipilihlah Pepes Ikan Mas. Teringat dulu ketika pernah beli masakan ini, eh habis cepat dalam hitungan menit. Bahan dasarnya yakni dari ikan mas tentu sesuai dengan namanya. Sebetulnya Ikan mas atau Ikan karper itu memiliki nama latin Cyprinus carpio. Termasuk ikan yang bersisik. Harganya meski agak mahal dikit tetapi masih terjangkau bagi masyarakat. Mengenai nilai nutrisinya, ikan mas memiliki kandungan omega 3 yang lumayan tinggi. Bagus sekali untuk dikonsumsi keluarga apalagi bagi si buah hati. Ikan ini juga bagus bagi mereka yang sedang menjalani diet. Memasaknya pun juga tidaklah sulit. Bagi bunda, bisa dengan bumbu kuning, menjadi ikan goreng, ikan bakar, ikan tim, presto dan jenis hidangan yang lainnya. Kali ini kita akan jadikan pepes. Ikan diolah dengan dibungkus serta diracik bumbu spesial sehingga cita rasanya mantab. Oke, yukk kita lihat dulu Resep Pepes Ikan Mas berikut ini:


Resep Pepes Ikan Mas


Bahan dan bumbu membuat Pepes Ikan Mas Lezat:
- ikan mas: 1 ekor  (6 ons)
- tomat: 1 buah
- bawang merah: 6 butir
- kemiri: 10 butir
- cabe rawit: 12 buah
- cabe merah: 4 buah
- bawang putih: 4 siung
- daun kemangi: 6 tangkal
- daun salam: 4 lembar
- garam secukupnya
- daun pisang secukupnya, untuk membungkus
- kunyit: 1 potong

Cara membuat Ikan Pepes Mas Spesial:
1. Langkah pertama kita bersihkan ikan dan kita buang sisik dan isi perut dari Ikan Mas tersebut.
2. Kemudian kita haluskan cabe merah, bawang merah, kunyit, bawang putih, dan kemiri.
3. Selanjutnya campurkanlah daun kemangi, cabe rawit bulat,  daun salam dan garam.
4. Yang berikutnya, ikan mas diberi bumbu yang sudah tercampur. Bungkus dengan daun pisang kemudian kukus hingga menjadi matang. Angkat serta siap untuk dihidangkan.


Kini siapkan seluruh bahan dan juga bumbunya, bila telah selesai membaca resep tersebut di atas. Dalam mempersiapkan bahan Ikan Mas, usahakan untuk memilih yang masih segar. Ikan yang segar akan memberikan rasa pepes yang lebih enak lho. Oke, selamat membuatnya ya :)

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Pepes Ikan Mas