Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Bubur Ketan Hitam Enak Spesial

loading...

Bubur Ketan Hitam Enak Spesial

Resep Bubur Ketan Hitam Enak Spesial merupakan masakan yang bahan utamanya atau dasarnya dari ketan. Kita akan bahas dan ulas secara lebih jelas di sini. Tentang bahan ketan sendiri ada dua kategori paling tidak. Yakni ketan putih dan hitam. Nah, yang digunakan pada masakan bubur ini adalah yang dari jenis ketan hitam. Mungkin Anda dah sempat mencoba rasanya yang segar. Mengenai urusan penyajian dari bubur ini ada dua cara paling tidak. Bisa dihidangkan dalam kondisi dingin, dapat pula disajikan di dalam keadaan hangat. Tergantung kesukaan dan situasi pada waktu itu. Misal disaat cuaca lagi panas-panasnya, maka cocok deh kita bikin dingin. Sebaliknya klo udaranya terasa dingin sekali, maka pasnya ya dihidangkan dalam keadaan hangat sehingga bertambah enaknya. Untuk berkreasi dalam masakan bubur ini sangatlah mungkin, kita bisa tambahkan potongan buah nangka maupun pisang. Baiki kita lihat aja bahan dan bumbunya berikut :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 100 gram beras ketan hitam, rendam selama lebih kurang 2 jam, tiriskan
  • 2 lembar daun pandan, diikat simpul
  • 2 liter air putih
  • ½ sdt garam dan gula pasir secukupnya


Bahan saus santan:

  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa diparut
  • garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan, diikat simpul


Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Enak Spesial :

  1. Rebuslah seluruh bahan yang disiapkan selain gula pasir, masaklah sembari diaduk hingga setengah matang serta menjadi mengental.
  2. Tambahkanlah gula pasir dan masak sembari diaduk sampai matang serta mengental, lantas angkatlah.
  3. Selanjutnya rebuslah segala bahan yang telah disiapkan membuat kuah santan sembari diaduk hingga mendidih. Lalu matikan api di kompor.
  4. Kemudian tarulah bubur ketan hitam di dalam mangkuk saji. Berikutnya, siramkan kuah santan ke bubur.
  5. Barulah kini siap untuk dihidangkan buburnya.


Praktis dan sederhana dalam membuatnya. Bahan yang dipakai juga tidaklah begitu banyak. Gampang untuk menyediakannya. Oh iya, kita harus selalu mengaduk terus ketan saat memasaknya. Aduklah dari awal hingga akhir mengolahnya sebab ini untuk mencegah ketan lengket di dasar panci. Sehingga terhindar dari aroma dan rasa gosong ketika selesai dan telah matang. Oke, silakan langsung aja dicoba Resep Bubur Ketan Hitam Enak Spesial.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Bubur Ketan Hitam Enak Spesial