Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Lampu Lampu Manado Istimewa

loading...

Kue Lampu Lampu Manado Istimewa

Resep Kue Lampu Lampu Manado Istimewa termasuk kue tradisional kekayaan nusantara tercinta. Rasanya yang manis berciri khas gula merah serta aroma wangi pandan menjadikan banyak penggemarnya. Kue ini diwadahi dengan daun pisang yang tentunya akan menunjukkan secara jelas nuansa alamiahnya. Bahan utamanya pun dari tepung beras pilihan. Pada orang umum kadang hanya menyebutnya sebagai kue lampu lampu saja. Untuk menghasilkan warna hijau dari perasan bahan natural berupa daun suji. Untuk itu disarankan untuk dibuat sendiri di rumah. Gampang kok mencari bahan atau cara membuatnya. Baik, kita cek dulu aja bahan dan caranya berikut ini :

Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung beras
  • 750 ml santan dari 1 buah kelapa
  • 50 ml air daun suji (30 lembar diblender dan diperas)
  • 2 gandu gula merah disisir halus
  • 1 sdt garam
  • daun pandan dan daun pisang secukupnya
  • 3 sdm gula pasir

Cara membuat kue lampu-lampu manado enak :

  1. Pertama, siapkan daun pisang dan dan bentuklah menjadi wadah atau biasa dinamakan takir, untuk ukurannya disesuaikan kesukaan Anda.
  2. Campurkanlah garam, santan, tepung, gula pasir, dan larutan daun suji dan  kemudian aduk rata hingga tidak ada gumpalan-gumpalan pada adonan.
  3. Selanjutnya, siapkanlah kukusan. Masukkanlah dengan ditata rapi takir-takir dari daun pisang itu, rapat serta saling berdempetan. 
  4. Untuk setiap wadahnya, berilah sisiran gula merah kurang lebih 1 sendok makan atau bisa juga disesuaikan dengan ukuran wadah yang dibuat. Untuk memperkuat aromanya, alasilah sebelumnya memakai potongan daun pandan. Tuanglah adonan tepung dengan perlahan sampai terisi sekitar 3/4 bagiannya.
  5. Kemudian nyalakanlah api sedang dan kukus dalam waktu sekitar 15-20 menit hingga menjadi matang.
  6. Kini angkatlah dan siap untuk disajikan kuenya.


Nah, seperti itulah bahan-bahan maupun cara yang bisa kita praktekkan. Mudah kan? Saya yakin semua pastinya bisa bikin sendiri. Menghadirkan kue tradisional di rumah tentu adalah hal yang isimewa terlebih lagi bisa menghidangkannya kepada banyak orang. Disarankan menyajikan kue ini dalam kondisi hangat, tambah mantap deh. Oke, selamat mencoba Resep Kue Lampu Lampu Manado Istimewa.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Lampu Lampu Manado Istimewa