Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Mata Roda Nikmat

loading...

Kue Mata Roda Nikmat

Resep Kue Mata Roda Nikmat - Siapa yang memiliki hobi makan? Kalau pertanyaan ini disampaikan kepada banyak orang tentu tidak sedikit yang menjawab "saya punya hobi makan". Bahkan mungkin Anda pun termasuk yang hobinya adalah makan. Tidak salah kok memiliki hobi makan itu. Sah-sah saja. Dan banyak sekali makanan yang bisa kta pilih. Salah satunya ialah kue mata roda yang enak rasanya. Ada yang mungkin bertanya-tanya tentang kue ini. Bagaimana tata cara membuatnya? Bahan apa aja yang kiranya diperlukan? Inilah yang kita akan bahas di sini. Bahan utama dari kue mata roda adalah singkong. Tak perlu khawatir dengan singkong ini tentang bagaimana cara untuk mendapatkannya. Sebab mudah diperoleh dan harganya pun murah. Makanan ini memakai taburan ketika dinikmati nantinya. Baiklah, yuk kita lihat aja bahan dan caranya berikut ini :

Bahan yang dibutuhkan:
  • 100 gr gula pasir
  • 500 gr singkung, parut dan peras sedikit airnya
  • 2 sdm tepung kanji
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 6 buah pisang raja/ tanduk/ kepok
  • Pewarna merah sesuai selera
  • 1 sdt garam halus


bahan taburan :
  • 100 gr kelapa parut
  • 1/2 sdt garam halus


Cara Membuat Kue Mata Roda :
  1. Langkah yang pertama, campurkanlah singkong parut dengan garam, tepung kanji, gula pasir, dan vanili, aduk hingga rata. 
  2. Lantas bagilah adonan menjadi dua bagian, beri pewarna makanan pada satu bagian adonan dan biarkan putih pada bagian adonan yang lainnya.
  3. Kemudian kita ambil daun pisang, terus masukkan adonan putih dan merah, jangan lupa diratakan. 
  4. Berilah pisang yang sudah dikupas dan gulung menjadi mirip lontong. Lakukan hal tersebut sehingga adonan habis betul.
  5. Yang terakhir, panaskanlah kukusan, lalu kukus adonan yang sudah dibentuk tadi hingga matang. Selanjutnya angkat dan dinginkanlah. Lalu potong-potonglah dan sajikkan dengan kelapa parut. 


Nah, mudah sekali kan untuk membuatnya. Untuk singkong, pilihlah yang tidak terlalu tua muda agar tidak banyak mengandung serat. Apabila kita tak menemukan daun pisang maka bisa dengan aluminium foil dalam membungkus. Lalu untuk kelapa parut untuk pelengkap sebaiknya dikupas, dicampur sedikit garam dan dikukus agar tidak cepat bau atau basi. Penambahan tepung kanji akan memberi tekstur lebih kenyal pada kue. Yukk langsung kita praktekkan resepnya di atas. Selamat mencobanya.

Porsi : 20 Potong

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Mata Roda Nikmat