Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Cara Membuat Roti Tawar Sendiri yang Empuk

loading...

Cara Membuat Roti Tawar Sendiri yang Empuk

Resep Cara Membuat Roti Tawar Sendiri yang Empuk - Seperti biasanya pada waktu pagi kadang ibu sibuk untuk  menyiapkan sarapan. Sering kali tidak sempat menanak nasi. Apalagi harus membuat lauk pauk. Untuk mencari solusinya biasa dicari makanan pengganti yang enak dan praktis. Pihannya jatuh kepada roti tawar. Klo begitu baiknya, ya dibuat sendiri aja di rumah. Kebanyakan orang termasuk kita dan anggota keluarga lainnya akan memillih roti tawar yang lembut dan empuk terksturnya. Nah, berikut akan kami bagikan tips atau cara membuatnya sekaligus juga bahan-bahan yang perlu disediakan. Oke, yuk kita sama-sama simak Resep Cara Membuat Roti Tawar Sendiri yang Empuk.

Bahan untuk membuat Roti Tawar :

  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 60 gr mentega putih
  • 20 gr susu bubuk full cream
  • 11 gr ragi instant (kalau mau lebih empuk ditambah lagi menjadi 15-20 gr)
  • 475 ml air es
  • 100 gr gula pasir
  • 15 gr garam
  • 2 butir telur


Cara membuat Roti Tawar Empuk yang Lembut :

  1. Di sebuah wadah campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instant, aduk dengan rata. Berilah telur, juga tuangi air es secara bertahap sembari diuleni sampai rata tercampurnya dan bergumpal-gumpal.
  2. Kemudian masukkan garam dan mentega putih, kini lanjutkan menguleni sampai adonan kalis elastis. Lantas bulatkan serta istirahatkanlah 1/2 jam lamanya.
  3. Selanjutnya, kempiskanlah adonan dengan cara ditinju, kemudian bagilah adonan masing-masing 550 gram.
  4. Berikutnya, bentuklah bulat, kemudian gilas serta gulung padat memanjang. Letakkan di dalam loyang loaf yang telah diolesi minyak atau dengan mentega putih. Diamkanlah dalam waktu 1 jam sampai jadi mengembang. 
  5. Berikutnya, poleslah pada bagian atasnya memakai campuran susu dan telur (2 sdm susu segar,1 btr telur, ½ sdt garam, kocok lepas)
  6. Lalu pangganglah dalam waktu sekitar 20 menit di dalam oven sampai matang dan warnanya kuning kecoklatan permukaannya . Selanjutnya, keluarkan dari mesin oven. Kini poleslah segera pada bagian atasnya menggunakan butter.
  7. Siap dihidangkan kini.


Nah, itulah caranya bikin roti tawar sendiri. Tinggal kita ikuti seluruh panduannya di atas. Oke, selamat mencoba Resep Cara Membuat Roti Tawar Sendiri yang Empuk. Kini siap untuk dinikmati klo dah selesai. Salam sukses mencobanya : )



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Roti Tawar Sendiri yang Empuk