Kreasi Menu Makanan Enak

TUMBUHAN PEGAGAN MEMPUNYAI KHASIAT OBAT

loading...

Pegagan Mempunyai Khasiat Obat

Tumbuhan Pegagan Mempunyai Khasiat Obat - Orang mengenalnya sebagai gulma yang dipandang sebelah mata. Akan tetapi, tumbuhan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Pegagan memiliki nama latin centella asiatica. Banyak orang percaya bahwa pegagan sangat bermanfaat menguatkan kecerdasan otak kita. Di waktu yang lampau orang mungkin menghiraukannya. Maklum pengetahuan belum berkembang pada saat itu.

Seiring dengan perkembangan zaman, dari waktu ke waktu telah dilakukan research atau penelitian yang akhir memberikan kesimpulan terbaik. Penelitian yang mutakhir dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga dari Govt. Siddha Medical College di negara Asia Tengah, India sana. Dari penelitian itu membuktikan bahwa serbuk dari tanaman pegagan dapat meningkatkan kemampuan intelegensia seorang anak.

Sekitar lima belas anak yang diberi 500 mg serbuk pegagan selama satu bulan akan meningkat IQ nya hingga 4,6 %. Selain itu, anak-anak yang turut serta dalam uji klinis mengalami konsentrasi yang bagus. Tentu sebuah penemuan ini menjadi referensi baru bagi masyarakat dunia saat ini. Terutama pada mereka yang memiliki buah hati yang disayangi.

Di dalam pegagan ada kandungan zat asiaticosida. Zat tersebut bermanfaat untuk mengubah anak yang tadinya pemalu, gelisah, berperilaku pasif menjadi periang, kooperatif, dan komunikatif. Tingkat konsentrasi, daya ingat, dan kewaspadaan juga meningkat. Senyawa alkaloid pada pegagan juga memberi energi bagi otak. Sistem kerja dari zat tersebut yakni dengan melancarkan sirkulasi oksigen dan nutrisi sel ke dalam otak.

Manfaat lainnya dari pegagan yakni mampu melemahkan bakteri lepra. Sistem kerjanya yaitu dengan mengikis bagian berlilin dari dinding luar bakteri tersebut. Sehingga dari kejadian itu maka akhirnya baksil akan mudah ditumpas oleh tubuh atau obat yang dikonsumsi. Disamping itu, tumbuhan ini juga menjadi imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh seseorang. Jadi, begitu banyak manfaatnya kan?

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TUMBUHAN PEGAGAN MEMPUNYAI KHASIAT OBAT