Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Tempe Kecap Pedas Mantap

loading...

Tempe Kecap Pedas Mantap

Resep Tempe Kecap Pedas Mantap - Sebagai seorang yang hidup di negeri zamrud khatulistiwa ini maka sudah pasti mengenal yang namanya tempe. Tidak satupun saya kira ada orang yang tidak familier dengan bahan makanan yang satu ini. Betapa tidak, sebab setiap hari kita bertemu dengan masakan yang sederhana hingga yang butuh agak mikir sedikit untuk membuatnya. Dan banyak sekali dari masakan atau makanan itu yang menggunakan tempe sebagai bahan utamanya. Tempe terbuat dari kacang kedelai. Hasil bumi masyarakat tersebut diolah dengan ragi menjadi tempe. Namun, jangan dibayangkan prosesnya sederhana ini. Butuh waktu lebih dari 24 jam untuk menghasilkan tempe itu sendiri. Proses pembuatannya memanfaatkan proses fermentasi. Untuk pencernaan tempe sangt bagus karena mudah sekali dicerna. Bagi kesehatan juga demikian. Bahkan tempe mampu mencegah penuaan dini yang ditakuti oleh siapa saja. Kandungan antioksidan juga penting untuk pemeliharaan kesehatan. 

Kali ini kita akan berbagi tentang resep yang terbaru tentunya. Tempe kecap pedas merupakan masakan yang lezat. Mengenai tempe sudah saya bahas di awal tadi. Sekarang untuk menghasilkan pedas, ada bahan yang mesti ada. Tak lain dan tak bukan yakni cabai. Yang kita pilih yang berwarna hijau keriting bentuknya. Juga cabai rawit merah. Pedasnya mantap. Kalau kecap, sudah tak asing lagi bagi semua. Kecap manis mudah sekali diperoleh di warung-warung di kota hingga pelosok desa. Di samping menjadikan masakan lezat, lagi-lagi yang namanya cabai ini juga bermanfaat banyak bagi tubuh, lho. Kandungan vitamin C pada cabai ternyata lumayan tinggi, bahkan mampu mengalahkan beberapa buah-buahan. Untuk mereka yang susah makan, cabai mampu menambah nafsu makan. Lengkap deh manfaatnya.


Bahan Tempe Kecap Pedas :
  • 2 papan tempe, potong dadu, goreng setengah matang (ada juga yang memilih tempe godhong yaitu tempe yang pembuatannya dibungkus dengan daun)
  • 1 buah tomat merah, iris-iris
  • 10 buah cabai hijau keriting, iris serong
  • 8 buah cabai rawit merah, iris halus
  • 5 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 buah bawang bombay, iris memanjang
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula merah iris
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt penyedap rasa non MSG
  • 200 ml air
  • 3 sdm minyak goreng



Cara Membuat Tempe Kecap Pedas Nikmat:
  1. Pertama kali, panaskanlah minyak goreng, lalu kita tumis bawang bombay dan bawang putih sampai muncul aroma harum.
  2. Kemuian kita masukkan cabai rawit merah, cabai keriting hijau, dan daun salam. Aduklah sampai menjadi layu.
  3. Kini kita masukkan tempe yang telah digoreng dan air. Tambahkan pulan bumbu-bumbu yang lainnya.
  4. Terus dimasak sampai kuahnya habis. Sesudah itu baru kita angkat dan hidangkan.


Praktis sekali bukan? Para bunda tentunya tak akan kesulitan dalam memasak tatkala sudah begitu jelas bahan yang dibutuhkan dan proses pembuatannya. Dari resep di atas cocok untuk empat orang porsinya. Bila ingin lebih banyak maka tinggal ditambah bahan serta bumbunya. Ada kalanya bertanya, mengapa kok kurang pedas atau malah terlalu pedas. Itu hanya permasalahan dalam jumlah cabai yang dimasukkan. Tinggal kita tambah atau kurangi gitu dah beres. Biasanya makan tiap hari selalu ada yang namanya tempe. Gimana kalau hari ini bunda mencoba menghadirkan tempe yang dimasak dengan model baru ini. Pastikan pula semua bahan dan bumbu yang dipilih adalah yang kondisinya bagus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah :) .

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Tempe Kecap Pedas Mantap