Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Pepes Jamur Tiram Lezat

loading...

Resep Pepes Jamur Tiram Lezat

Resep Pepes Jamur Tiram Lezat dan Enak. Jamur tiram merupakan makanan yang kaya akan nilai gizi yang tinggi. Banyak manfaatnya sehingga tidak sedikit pula orang suka dengan bahan makanan yang satu ini. Kalau bicara kandungan nutrisinya, banyak sekali lho. Seperti yang berikut ini :
1. Mengandung zat asam amino yang dikandungnya sangat lengkap, seperti lisin, triptofan, valin, metionin, threonin, leusin, fenilalanin, isoleusin, dan histidin.
2. Jamur tiram kaya akan protein, bahkan lebih tinggi dibandingkan tempe dan daging ayam.
3. Mengandung zat flofastin yang ada di dalamnya merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolestrol jahat sangat merugikan kesehatan kita.
4. Pada makanan sehat ini juga dilengkapi dengan mineral penting, seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi.
5. Mengandung zat Glucan yang berperan sebagai antioksidan, anti virus, anti tumor, antibakteri, meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat mematikan cacing.
6. Jamur tiram yang lezat itu juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin C.
7. Asam folat yang terdapat di dalamnya sangat tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh kita.
8. Pada jamur tiram ini mengandung pleuran, zat yang dapat memiliki anti inflamasi dan dapat memberikan kelembaban bagi kulit wajah. Cocok sekali bagi yang merindukan kecantikan wajah.

Ternyata jamur tiram juga mengandung karbohidrat, sedikit kalori, tinggi dalam air dan serat yang dibutuhkan sekali. Dalam setiap 100 gram Jamur Tiram, terdapat 367 kalori, 17% lemak, 10-30% protein, 56% karbohidrat.  Kalori yang dikandung Jamur Tiram ialah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak jenuh. Kandungan serat yang sampai 24% sangat cocok untuk diantara kita yang mau berdiet. Manfaat untuk kesehatan lainnya, jamur tiram ini memiliki manfaat diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung yang lemah Bahkan beberapa penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia dapat dibantu kesembuhannya dengan konsumsi jamur tersebut. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker. Begitu menakjubkan bahan makanan yang satu ini.

Ngomong-ngomong tentang jamur tiram ini, bila dijumpai di alam bebas, jamur tiram mudah kita temui di pegunungan yang udaranya sejuk. Untuk pembudiayaannya, bagi para petani jamur, mereka membuat baglog yang nantinya akan tumbuh jamurnya. Bahan utama dari baglog tersebut dari serbuk gergajian kayu yang telah disterilkan dengan dipanaskan pada suhu tertentu. Serbuk gergajian kayu yang merupakan limbah dipilih dari pohon yang tidak banyak memiliki getah.Banyak orang yang membudidayakan jamur ini dengan mengkondisikan udara di ruangannya dingin atau paling tidak sejuk. Cara melakukan itu dengan menyiramkan air ke baglog jamur secara rutin. Mungkin dalam sehari bisa menyiramkan air bersih lebih dari 3 kali. Tergantung pada suhu lingkungan lokasi pembudidayaan jamur tiram.

Banyak masakan yang berbahan utama dari jamur tersebut. Jamur tiram ini juga dapat dimasak menjadi pepes, lho. Dengan dipepes ini konon, nilai gizinya lebih terjaga. Rasanya menjadi nikmat dan lezat. Bagaimana proses atau cara membuatnya? Bahannya apa aja? Kita akan simak resepnya di bawah ini. Dan ternyata tidak sulit lho.. Resep masakan akan membagi resepnya. Disarankan Anda segera saja mencobanya di rumah sehingga bisa merasakan kelezatannya. Selamat mencoba  : - )

Bumbu dan bahan:
  • jamur tiram: 250 gram, iris memanjang
  • air  secukupnya, untuk mengukus 
  • telur ayam: 2 butir 
  • daun pisang secukupnya, untuk membungkus


Iris-iris tipis :
  • bawang merah: 3 butir
  • lada bubuk: ½ sdt
  • daun bawang: 2 batang
  • tomat: ½ buah
  • bawang putih: 2 siung
  • garam secukupnya
  • cabai merah keriting: 2 buah
  • penyedap secukupnya



Cara Membuat Pepes Jamur Tiram yang Enak :
  1. Langkah pertama, kocoklah telur, lada, penyedap dengan sendok makan sampai tercampur. Bumbu yang telah diiris masukkan, lalu aduk rata.
  2. Campurkanlah jamur dengan adonan telur, aduklah rata. Bungkus dengan daun pisang, masukkan pada kukusan berisi air yang mendidih. Tutup dan tunggu sampai matang.
  3. Bila telah matang, angkat dan tiriskan. Bisa dinikmati saat hangat atau dingin, tergantung kesukaan aja.
  4. Selesailah kita memasak pepes jamur tiram. Selamat menikmati kelezatannya ……. 


Begitulah Resep Pepes Jamur Tiram Lezat. Sekali lagi, untuk mendapatkan jamur tiram saat ini tergolong mudah sekali. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana jamur belum membudaya. Kini sudah banyak orang yang mengembangkannya. Hal ini sangat menguntungkan kita yang akan memasak pepes jamur tentunya.


loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Pepes Jamur Tiram Lezat