Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Roti Manis Empuk

loading...

Roti Manis Empuk

Resep Roti Manis Empuk dan Enak. Pada kesempatan ini resepmasakan40 akan menampilkan sebuah tips membuat roti manis lagi empuk. Siapapun baik orang tua maupun anak-anak menyukainya. Tak mengenal anak maupun usia dewasa. Disajikan sebagai camilan di rumah amat pas sekali. Pagi-pagi ketika mau berangkat kerja atau sekolah, boleh juga bila makan roti ini sebagai pengganti nasi untuk sarapan. Kita kemudian pengen coba-coba untuk membuat sebuah roti yang rasanya manis, tantangannya yaitu harus empuk atau lembut sehingga bisa tampak begitu profesional. Cuma, untuk membuatnya memang harus paham betul sih, meski gak rumit. Bagaimana supaya rasanya manis dan teksturnya juga empuk? tentu ada teknik tersendiri. Banyak beredar di media sosial tentang cara-cara supaya bagus hasilnya. Misalnya, kita diminta untuk lebih lama menguleni adonannya. Tapi, yang paling kami jadikan rujukan, yakni agar adonannya benar-benar menjadi sangat kalis serta ditangan lembut. Sehingga rasanya pun nanti pastinya nikmat. Bahan yang pokok sekali ialah tepung terigu. Kami sarankan untuk memilih kualitas terbaik. Kita cari aja merk yang terkenal. Untuk lebih jelasnya lagi, baiknya kita simak resep lengkapnya berikut ini :


Bahan yang dibutuhkan :
  • 60 gram susu bubuk
  • 500 gram tepung terigu
  • 200 gram mentega
  • 4 butir telur, pilih kuningnya
  • 300 gram gula pasir
  • 500 ml air, yang dingin juga boleh
  • 20 gram ragi instan
  • 2 sendok teh garam


Cara Membuat Roti Manis yang Empuk :
  1. Campurkanlah semua bahan di atas selain air, garam, serta mentega, lalu aduk-aduk hingga rata.
  2. Berikutnya, beri air sedikit demi sedikit  dan terus diaduk-aduk hingga adonan roti manis menjadi betul-betul kalis serta bila dirasa di tangan akan lembut sekali. Kemudian, tambahkan garam dan mentega. Uleni kembali sampai terasa elastis.
  3. Diamkanlah adonan selama 1/2 jam atau hingga menjadi mengembang.
  4. Apabila telah 1/2 jam, kempiskan adonannya. Buat adonannya menjadi berbentuk bulat dengan berat 250-300 gram, lalu diamkan selama 1/4 jam kurang lebih.
  5. Siapkan roll kayu atau alat lainnya untuk meratakan adonan roti menjadi berbentuk bulat tadi.
  6. Kemudian letakkan adonan pipih di atas loyang yang sudah diolesi dengan mentega, biarkan selama 30 menit.
  7. Masukkan ke dalam oven, panggang dalam waktu 30 menit dengan suhu 160-180 derajat celcius  atau sampai matang yang ditandai dengan warnanya berubah menjadi keemasan.
  8. Siap untuk disajikan untuk keluarga tercinta.


Walaupun kelihatannya banyak langkah yang harus dilakukan, tetapi klo dipraktekkan akan berbeda, lho. Terasa menjadi lebih mudah bila langsung dicoba. Untuk bahan tepung terigu, silakan memakai sesuai selera kita. Sekali lagi tetap yang berkualitas. Praktis dan mudah sekali kan? Bagi yang mempunyai jiwa wiraausaha, masih terbuka lebar sekali untuk menjadikan produksi roti ini sebagai peluang  yang menjanjikan. Klo sudah kelar memahaminya, saya ucapkan selamat dan semoga berhasil mencoba Resep Roti Manis Empuk. Jangan lupa untuk membaca juga resep roti bakar dan resep donat madu.


loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Roti Manis Empuk