Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Putu Tepung Beras Spesial Hari Ini

loading...

Kue Putu Tepung Beras Spesial

Resep Kue Putu Tepung Beras Spesial Hari Ini - Barangkali tidaklah mengherankan jika ada anggapan yang mengatakan bahwa kue tradisional itu lebih baik. Mengapa hal ini banyak meluncur dari berbagai pendapat orang di nusantara. Salah satu sebabnya adalah karena kue tradisional itu berbahan asli daerah dan relatif lebih alami gitu. Banyak sekali jenis dari kue yang dimaksud. Sebagai contohnya adalah kue putu tepung beras. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa bahannya dari beras. Yang gemar menikmati makanan camilan ini sangat banyak lho. Tentu karena rasanya yang enak inilah menjadikan penggemarnya pun semakin luas saja. Cocok sekali untuk dijadikan camilan setiap hari. Untuk lebih mengenal bagaimana cara membikinnya marilah kita lihat uraian resepnya seperti di bawah ini. Mari kita cek bersama-sama.

Bahan Kue Putu Tepung Beras :

  • gula merah (iris secukupnya)
  • 500 gr tepung beras (pilih kualitas baik)
  • 125 gr tepung sagu
  • air (secukupnya saja)
  • pewarna makanan (warna hijau/ dapat juga dari perasan daun pandan)
  • kelapa parut secukupnya (dari kelapa yang tidak begitu tua), kukuslah dengan sedikit garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk



Cara Mudah Membuat Kue Putu Tepung Beras :

  1. Langkah awalnya, campurkanlah tepung beras beserta tepung sagu dan vanili bubuk, lalu percikilah dengan sedikit air (airnya telah diberi pewarna/ bisa juga air perasan santan), lakukan hingga tepung lembab, aduklah sampai merata.
  2. Kemudian kita ayak tepung dengan saringan, kemudian cetak adonan ke dalam cetakan kue apam dengan cara : isilah adonannya hingga setengah bagian, lalu kita isi juga bagian tengahnya dengan gula merah yang sudah diiris lalu tutuplah kembali dengan adonan yang lain. (kerjakan hal yang sama pada semua adonan sampai habis).
  3. Lantas kita siapkan media pengukusan (panci), panaskanlah terus masukkan adoanan beserta cetakannya ke dalam panci tersebut. Terus kita tutup dan lalu kukus sampai menjadi matang benar.
  4. Apabila telah matang atau dikira cukup, silahkan angkat kue dan keluarkan dari cetakan.
  5. Nah, sekarang sudah siap untuk kita sajikan selagi hangat dengan taburan kelapa parut.


Kini sudah kita baca resepnya. Sekarang dicoba aja di rumah. Mantap deh hasilnya. Oke, selamat mempraktekkannya.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Putu Tepung Beras Spesial Hari Ini