Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kacang Telur Manis Pedas

loading...

Resep Kacang Telur Manis Pedas Mantap

Resep Kacang Telur Manis Pedas Renyah. Camilan berupa kacang telur ini begitu terkenal sekali di masyarakat. Di hari raya lebaran pun banyak yang menyajikannya. Jadi kita gak boleh ketinggalan deh untuk ikut menjadikannya menu di hari istimewa itu.Cuma saja yang sering dihidangkan dalam berbagai acara ataupun sekedar sajian untuk tamu di rumah-rumah itu kacang telur yanag rasanya manis. Klo yang ada rasa pedasnya jarang. Cukup manis saja rasanya. Nah, Kalau yang rasanya manis pedas ini akan berbeda sedikit dari kacang telur manis karena ada tambahan rasa pedasnya. Bisa ditebak rasa pedasnya ini menggunakan bahan apa? Yah, benar sekali memakai cabai rawit. Tetapi di sini kita pakai bubuk cabai. Bahan utamanya adalah kacang tanah. Banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari bahan yang satu ini. Bahkan tidak dibuat dalam bentuk makanan lain, misal kacang tanah hanya direbus atau digodok dengan air saja sudah menghasilkan makanan yang enak. Digoreng juga demikian. Kalau dikelupas terus diproses nanti akan menghasilkan kacang bawang. Kreasi kitalah bisa membuat berbagai makanan dari kacang tanah. Para bunda di rumah juga sudah tak asing lagi dengannya tentu. Bahkan mungin tiap hari bersentuhan langsung. 

Kembali kepada kacang telur tadi, disamping kita perlu menyiapkan kacang tanah ada bahan penting lainnya. Sebelumnya, perlu diperhatikan supaya memilih kacang tanah yang berkualitas dan bagus. Caranya memilih yaitu :
1. Kacang tanah tidak berbau tertentu, misalnya apek dan sebagainya.
2. Kalau membeli, lebih baiknya yang masih bercangkang. Pilih yang masih utuh dan halus cangkangnya.
3. Jangan memilih kacang tanah yang ada jamur, kutu atau pun bubuk kacang.
4. Sebaiknya memilih kacang tanah yang masih segar dan kering.
5. Memilih pada setiap butiran kacang tersebut masih utuh dan tidak berkerut.
6. Melihat warna kacang yang masih merah tua.
Baca juga artikel menarik : resep kue sagon.

Bahan penting lainnya adalah telur. Kita pilih menggunakan telur ayam. Boleh yang dari jenis ayam ras atau bukan ras. Mengenai nilai gizinya makanan ini jelas bagus. Kacang sangat baik untuk menghasilkan vitamin dan lemat. Begitu pula dengan telur yang mengandung protein hewani beserta vitamin pula. Oh iya, Kacang telur manis pedas ini dapat disimpan di wadah tertutup untuk dinikmati di waktu agak lama. Yang terpenting, jangan sampai wadah harus tertutup rapat atau kedap udara. Hindarkan pula dari suhu yang sangat panas dan sinar matahari secara langsung. Khusus untuk sajian Hari Raya Lebaran, saya rasa ini cocok sekali. Para tamu yang datang ke rumah tentu amat senang dengan makanan kita ini. Sambil bincang santai bersama keluarga atau nonton TV bareng, pas deh kita menikmatinya. Di saat ada acara pertemuan, arisan, atau lainnya pun cocok kita sajikan. Penasaran kan sama resepnya? Pastikan Anda baca dengan teliti resep spesial berikut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram kacang tanah, cuci bersih, tiriskan atau dilap hingga kering
  • 2 sdt cabai bubuk
  • 4 butir telur , kocok lepas
  • 100 gram tepung sagu, ayak
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gram gula pasir
  • 400 gram tepung terigu , ayak
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • minyak goreng seperlunya
  • 1 sdt garam 


Cara Membuat Kacang Telur Manis Pedas Mantap:
  1. Yang pertama kita aduk dengan rata bahan telur, gula pasir, bawang putih, vanili, cabai bubuk, dan garam. Masukkan kacang tanahnya. Aduk hingga rata, angkat lantas tiriskan.
  2. Balurkan dan ratakanlah dengan campuran tepung, lakukan berulang secara bergantian telur dan tepung dalam 3 atau 4 kali sampai terbalur rata dan menghasilkan ketebalan sesuai yang diinginkan.
  3. Panaskanlah minyak goreng, dan gorenglah di atas api sedang hingga kacang menjadi matang serta warnanya berubah menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan, biarkan dingin lalu simpan dalam toples kedap udara.
  4. Kini siap untuk dihidangkan.

Klo sudah baca resepnya di atas tentu kita sudah ada bayangan mengenai cara memasaknya. Apalagi, jikalau Anda telah mencobanya. Praktis, mudah, dan gurih rasanya Kacang Telur Manis Pedas ini. Sekali lagi, penting juga supaya memilih kacang tanah yang bagus. Sebab akan berpengaruh sekali dalam kualitas rasanya nanti. Untuk sajian saat Hari Raya Lebaran, camilan ini cocok sekali. Jadilah hari raya lebaran Anda menjadi istimewa dengan sajian dari resep masakan ini. Ok, selamat mencoba resep istimewa tersebut, ya :)
Baca juga : resep kue kecipir keju enak.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kacang Telur Manis Pedas