Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Membuat Lontong Lezat Nikmat

loading...

Lontong Lezat Nikmat Lembut

Resep Membuat Lontong Lezat Nikmat - Biasanya dalam setiap momen khususnya pada hari lebaran, selalu menyajikan yang namanya lontong. Menyajikan nasi dengan cara biasa mungkin sudah setiap hari , akan berbeda bila dibuat menjadi lontong. Akhirnya seperti menjadi sebuah kewajiban saja. Kayaknya kurang afdhal bilamana tanpa makanan ini di kala itu. Wuih... menjadi lengkap opor ayam serta sambel goreng ati dengan adanya lontong yang disajikan. Masakan saat tibanya hari idul fitri atau lebaran kini menjadi sempurna dan istimewa. Jadi pingin untuk membuatnya sendiri di rumah. Sederhana memang cara bikinnya, tapi juga harus paham betul lho proses pembuatannya. Ya, setidaknya hasilnya nanti jadi tidak mudah basi, tidak keras sekali, dan tidak jadi lembek. Itu yang menjadi harapan kita semua bukan? Sekarang, klo mau dibuat di rumah sendiri kita simak bahan apa aja maupun cara membuatnya. Semua telah tertampil di bawah ini lho :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gram beras putih
  • secukupnya air bersih
  • secukupnya, daun pisang tua untuk digunakan membungkus lontong
  • seperlunya tusuk gigi, digunakan mengunci bungkusan lontong


Cara membuat Lontong Enak Lembut  :

  1. Awalnya, bersihkan daun pisang yang telah disiapkan. Lalu potong menjadi per lembar. Untuk menjadikannya segera layu, celupkanlah lembaran pisang ke dalam air yang panas. Bila sudah layu maka akan mudah untuk dibentuk nanti. Angkat dari rendaman dan keringkanlah.
  2. Selanjutnya, gulung-gulunglah dengan diameter sekitar 3-4 cm mirip selongsong. Pada salah satu ujung daun yang dibentuk tutuplah memakai tusuk gigi.
  3. Lalu masukan berasnya pada selongsong daun pisang yang terbuka tadi di salah satu bagiannya. Isilah sampai setengahnya saja, janganlah hingga penuh, terus tutuplah memakai sematan tusuk gigi.
  4. Siapkan panci besar dan rebuslah beras yang sudah dimasukkan ke dalam daun pisang. Perlu diperhatikan bahwa lontong harus secara sempurna direndam.
  5. Ceklah lontong yang sudah direbus itu, ketika matang biasanya lontong telah padat.
  6. Kini angkatlah lalu siramlah menggunakan air panas, ini supaya bersih lontongnya.
  7. Kemudian tiriskanlah sehingga airnya menjadi kering.
  8. Kini lontong sudah siap untuk untuk disajikan, biasa tersaji bersama opor, sate, atau berbagai sup.


Nah, begitu mudah dan sederhana kan membuatnya? Oh iya, pilihlah beras yang pulen untuk menghasilkan lontong yang lebih enak. Untuk penyajiannya nanti potong-potonglah dalam arah diagonal lantas diletakkan di piring. Sekarang siap untuk dinikmati lontongnya. Oke, selamat mencoba Resep Membuat Lontong Lezat Nikmat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Lontong Lezat Nikmat