Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Sayur Nangka Muda Daging Tetelan Lezat

loading...

Resep Sayur Nangka Muda Daging Tetelan Lezat dan Enak Rasanya. Mungkin pada hari ini dan besok bunda atau sis belum tahu menu apa yang hendak untuk disajikan kepada keluarga tercinta. Masih bingung mau masak apa karena menu yang dimiliki enak semua. Buah muda sebagaimana nangka mungkin menjadi pilihan terbaik. Saat masih muda dapat dimasak menjadi sayur yang rasanya eunak dan yummi banget. Setelah dah punya pilihan, sekarang tinggal cari resepnya yang pas. Kebetulan admin punya saudara di daerah jogja. Dah pada tahu kan kalo di sana ada masakan gudeg jogja yang sangat mendunia terkenalnya. Bahkan merupakan julukan bagi kota tersebut. Ketika di rumah saudara, ada banyak pohon nangka yang tumbuh di sekitar rumah. Terus ditawarin mau gak diberi buah nangka. Nanti kan bisa dimasak sesuai kesukaan. Ahhh, bingung juga nanti mau dimasak apa? Akhirnya masuk dalam bayangan pikiran ku untuk masak sayur. 

Sayur Nangka Muda Daging Tetelan Lezat

Memang belum begitu sering masak sayur dari nangka muda. Tapi klo dah tahu resepnya saya kira tidak begitu kesulitan deh. Tak perlu alasan deh untuk ragu membikinnya. Yah demi untuk membahagiakan keluarga tercinta di rumah. Untuk menghasilkan masakan yang lebih lezat, bagus untuk dikombinasi atau ditambah dengan daging tetelan sapi. Sangat pas deh bila kita praktekkan resep masakan spesial ini di rumah. Jangan ditunggu sampai tua nangkanya, kalo sudah tua nanti manis buahnya. Oh iya, orang Jawa sering menyebut sayur nangka ini dengan " jangan gori ". Jangan artinya sayur, dan gori artinya nangka. Bahan dalam pembuatannya nanti selain nangka muda dan daging tetelan, antara lain : santan kelapa cair, cabai, lengkuas, daun salam. Sebaiknya untuk santan dipilih yang alami dari parutan kelapa. Kurang lezat bila pakai santan instan, meskipun juga bisa pula sih. Terus santan ada dua pilihan, yang kental dan juga yang cair. Tapi lebih banyak kita butuhkan yang cair santannya. Waktu yang dibutuhkan dalam memasak sayur ini kurang dari satu jam. Jadi gak perlu waktu lama. Cara membuatnya pun sangat praktis. Muah sekali untuk diikuti. Baiklah , bagi para pembaca yang pengin mencoba resepnya, silakan disimak berikut ini. 

Bahan yang perlu disediakan :
> 1 kg nangka muda, potonglah menurut keinginan
> 250 gram  daging tetelan
> 1000 ml santan cair
> 300 ml santan kental dari 1 butir kelapa tua
> 3 buah cabai merah, iris bulat
> 3 buah cabai hijau, iris bulat
> 3 buah daun salam
> 3 cm lengkuas, memarkan
> garam dan gula sesuai selera

Bumbu yang dihaluskan :
> 2 sendok teh ketumbar, sangrai
> 1/2 sendok teh jintan, sangrai
> 1/4 sendok teh terasi
> 5 buah kemiri, sangrai
> 8 buah bawang merah
> 4 siung bawang putih


Cara Membuat Sayur Nangka Muda atau Gori :
1. Langkah yang pertama adalah kita rebus nangka muda bersama daging tetelan atau iga, daun salam, lengkuas, serta santan cair hingga lunak benar.
2. Lalu kita sasukkan bumbu halus, santan kental, dan irisan cabai.
3. Lantas diaduk terus supaya santannya tidak pecah. Masaklah hingga benar-benar  matang. Bila sudah matang, silakan diangkat. Siap untuk dihidangkan sekarang.

Wuihh, praktis betul ternyata deh. Dagingnya tetelan menambah mantap ini masakan. Sayur ini bisa kita hangatkan lagi sampai beberapa hari. Bahkan rasanya setelah dihangatkan itu akan bertambah nikmat. Jadi masak sekali bisa untuk sajian berkali-kali. Saat menyajikannya nanti boleh pula kalo ditambah kerupuk. Sudah siap untuk memasaknya kan? Kami ucapin selamat memasak resep sayur nangkanya.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Sayur Nangka Muda Daging Tetelan Lezat