Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Mangkok Enak

loading...

Resep Kue Mangkok Enak

Resep Kue Mangkok Enak - Makan kue memang rasanya asyik. Banyak orang yang hobi menikmatinya. Tak jarang bila kue memang menjadi andalan sajian di rumah-rumah. Salah satunya, kue mangkok ini. Bicara mangkuk mengingatkan kita terhadap alat makan di rumah. Enaak rasanya lho kuenya. Sangat pas sekali bila hari ini kita baca lebih banyak tentang resep masakan khususnya kue. Bikin pingin coba rasanya nih yaa... Tapi tunggu dulu, ada cerita menarik dari penggemar kue mangkok. Hari-hari menjelang bulan puasa ada seorang ibu yang lagi bingung menyiapkan makanan untuk tajil atau buka puasa. Ibu tersebut harus menyiapkan makanan berupa kue untuk berbuka sebanyak ratusan orang. Di samping itu, kue tersebut untuk disajikan juga untuk seluruh anggota keluarga di rumah. Setelah ia buka HP kesayangannya lalu browsing, akhirnya dapatkan kue mangkuk yang cocok untuk dijadikan menu buka puasa. Tentunya ia sangat berbahagia sekali. Setelah makanannya habis disantap ia pun menularkan menu tersebut kepada yang lain. Nah, kita tentu bisa meniru hal itu. Kita cari tahu dulu resepnya. Nah, di sini akan diberitahu resepnya bunda. Selamat, kini kita bisa segera mencoba resepnya. Berikut resepnya kue mangkok yang dimaksud :

Bahan yang diperlukan adalah :
  • tape singkong: 125 gr
  • tepung beras: 200 gr
  • baking powder: 1 sdt  
  • gula pasir: 175 gr 
  • tepung terigu: 100 gr 
  • air: 150 gr 
  • air soda: 150 ml 
  • gula pasir: 75 gr
  • air dingin: 200 ml
  • pewarna makanan secukupnya


Cara membuat kue mangkuk spesial:
  1. Langkah yang pertama kita campurkan gula pasir 175 gr dan tape, aduk hingga halus lalu sisihkan.
  2. Lantas, campurkanlah air dingin dengan tepung beras, uleni sebentar saja dan sisihkan.
  3. Masaklah air bersama gula pasir 75 gr sampai larut gulanya dan airnya mendidih. Tuangkan secara perlahan sedikit demi sedikit ke tepung terigu. Sembari diaduk rata juga.
  4. Campurkanlah adonan tepung beras bersama adonan tape, kemudian uleni sampai licin. Setelah itu, campur adonan tersebut dengan adonan tepung terigu, uleni terus sampai rata.
  5. Kemudian tambahkan baking powder lalu aduk rata. Tuangkan air soda sampai adonan menjadi adonan yang encer Kemudian saring.
  6. Bagi menjadi dua. Yang satu diberi pewarna hijau dan untuk yang satunya diberi pewarna merah.
  7. Panasi cetakan kue mangkok dalam kukusan yang uapnya banyak. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Kukuslah sekitar 20 menit atau sampai matang. Lalu angkatlah.
  8. Selesailah, kini kue mangkok siap disajikan. Tambah nikmat bila dinikmati saat masih hangat.


Mudah dan praktis bukan? Selamat praktek ria di rumah. Bagus pula klo kita baca resep menu sahur.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Mangkok Enak