Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Kering Castangel Gurih

loading...

Kue Kering Castangel Gurih dan Renyah

Kue Kering castangel gurih dan enak renyah - Kue kering yang gurih ini amat cocok untuk kita hidangkan saat nanti di berhari Raya Idul Fitri atau lebaran. Jamak kita temui bahwasannya bila pada waktu Hari Lebaran banyak hidangan yang ada di meja tamu. Tiap-tiap keluarga berusaha berlomba-lomba untuk menyajikan sajian kue yang istimewa. Seperti sebuah kewajiban yang tak tertulis saja lah. Bahkan teman saya yang punya sampingan membikin kue kering pun ikut terkena dampak kebaikannya, yakni omset jualannya mantap larisnya. Sebagaimana Resep Kue Kering Castangel gurih ini. Kue castangel atau kastengel menurut asal katanya memang banyak versi. Salah satu yang paling kuat yakni bahwasanya kata tersebut dari Bahasa Netherland atau Belanda. Berasal dari dua kata, yakni "kaas" dan "stengels". Kaas sendiri berarti keju dan stengels berarti batangan. Oleh karena itu disebut kaasstengels atau batangan keju dan sekarang dikenal banyak orang dengan Kastengel. Kita tidak harus membelinya di toko atau supermarket untuk mendapatkannya. Dibuat sendiri di rumah bisa kok ternyata. Saya kira resep ini bisa dilakukan untuk dipraktekkan oleh semua orang. Termasuk Anda dan kita semua tentunya. Adonannya agak mirip dengan ketika kita membuat kue nastar. Hanya beberapa bahan memang ada yang khusus. Disertai pula dengan cara pengolahan yang benar dan tepat. Dengan membuat sendiri, akan ada rasa bangga dan bahagia di hati. Langsung aja kita lihat resepnya secara lengkap berikut ini:


Bahan Membuat Kue Kering kestengel :
-  keju cheddar: 75 gr , parut
-  margarine forvita: 185 gr 
-  tepung: 250 – 300 gr
-  roombutter: 15 gr 
-  kuning telur: 3 butir
-  keju tua (edam): 150 gr , parut
-  kuning telur: 2 butir , kocok, sebagai olesan
Baca juga artikel menarik : resep opor ayam.

Cara membuat Kue Kastengel enak renyah dan gurih :
1. Pertama-tama, kocok margarine forvita dengan roombutter hingga lembut. 2. Masukkanlah kuning telur satu demi satu sembari terus kocok adonan sampai merata. 
3. Kemudian masukkan juga terigu sedikit demi sedikit secara bertahap dan sambil diaduk dengan sendok kayu sampai betul-betul rata. Kemudian, tambahkan keju edam, aduk rata kembali.
4. Lantas kita ambil plastik segitiga dan masukkan adonannya ke dalamnya, potonglah ujung plastik 1 cm.
5. Kemudian, semprotkanlah adonan memanjang, lalu potong adonan dengan panjang 3 cm, lalu rapikan. Letakkan adonan di atas loyang bersemir margarine forvita. Berikutnya, oleslah permukaan adonan menggunakan kuning telur serta taburilah dengan keju cheddar.
6. Selanjutnya, panggang di dalam oven dengan suhu sebesar 160° Celcius kurang lebih 20 menit dan sampai matang. Angkat dan biarkan dingin. Siap untuk kita sajikan sekarang.

Selesailah kita membuat kue kering castangel gurih ini. Tidak rumit dan pastinya rasanya gurih dan renyah. Supaya hasil kastengelnya lebih sempurna gunakan tepung terigu protein rendah, jangan tepung terigu biasa. Bahan keju yang dipakai untuk adonan kastengel pun bisa menggunakan keju parmesan, keju edam atau boleh juga keju gouda. Silakan memilih yang sesuai dengan selera dan tentu saja uang yang kita miliki. Tatkala mengaduk-adauk sebaiknya memakai mixer spiral, tapi ketika adonan terigu telah masuk, akan sulit mengaduk menggunakan mixer. Kita bisa pakai spatula kayu atau tangan untuk menguleni adonan. Mengenai penggunaan oven, panaskan dahulu sebelum memanggang kue. Untuk menjaga kualitas rasa maupun tampilannya, simpanlah kue di wadah yang tertutup. Menaruhnya saat kue telah dingin. Sajian kue kering spesial ini akan menjadi hidangan istimewa untuk hari raya. Yang jelas, segera aja coba Resep Kue Kering Castangel Gurih. Selamat menikmati ya :)
Baca juga : resep kue emoticon lucu enak spesial.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Kering Castangel Gurih