Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Sate Kambing Empuk

loading...

Sate Kambing Empuk


Resep Sate Kambing Empuk – Sebentar lagi umat Islam di seluruh penjuru dunia segera melaksanakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban. Setelah melakukan sholat idul adha, maka sebagian besar umat muslim akan menyembelih hewan quban yang kemudian dibagikan ke setiap rumah penduduk. Di Indonesia hewan yang biasa digunakan untuk berkorban adalah sapi dan kambing bisa juga domba. Ini berbeda tatkala di kota Makkah dan Madinah. Di sana banyak yang berkurban dengan unta. Daging kambing bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, namun yang paling populer adalah dibuat menjadi sate. Jadi saat kita mendapatkan jatah daging qurban nanti, anda bisa mengolahnya menjadi sate kambing. Namun,biasanya jika tidak dilakukan treatment terlebih dahulu biasanya daging akan alot dan masih bau prengus.
Baca juga : Resep Rica-rica Ayam Pedas Lezat .
Untuk membuat sate kambing yang empuk, sebelum daging dibakar terlebih dahulu dilakukan langkah tepat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat  daging kambing menjadi empuk dan tidak berbau. Lebih lengkapnya berikut kami bagikan tips supaya daging kambing menjadi empuk serta tidak bau prengus. Sebab inilah yang menjadi ketakutan masyarakat atau keluhan mereka saat mau memasak daging kambing:

1. Menggunakan Tepung Kanji
Setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa waktu, dan kemudian goyangkan agar tepung kanji hilang. Dengan cara ini maka daging kambing menjadi empuk.
2. Menggunakan Air Kelapa
Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daigng akan menjadi empuk serta bau prengus akan berkurang.
3. Menggunakan Daun Pepaya
Selain tepung kanji, daun pepaya juga efektif untuk membuat daging kambing menjadi tidak alot. caranya daging kambing yang masih ufuh atau belum di tusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah cuci bersih daging kambing tersebut.
4. Menggunakan Nanas
Kupaslah buah nanas kemudian di parut. Campur parutan nanas dengan daging kambing. Namun jangan terlalu lama, karena bisa daging kambing malah menjadi hancur.
Jangan sampai daging kambing terkena api langsung saat membakar, karena akan membuatnya menjadi keras. Lakukan sampai daging berubah warna saja. Jika daging kambing sudah empuk dengan cara tersebut, kini saatnya membuat sate kambing dengan resep berikut ini:

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan dan disediakan :
  • 1/2 kg daging kambing segar
  • 10 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah 
  • 1 sendok makan ketumbar 
  • 10 butir kemiri 
  • 250 gr gula merah
  • Cabai rawit seperlunya, sesuaikan dengan selera pedas kita
  • 2 sendok teh garam 
  • Kecap (merk sesuai kesukaan kita saja lah)


Cara Membuat Sate Kambing Empuk Bumbu Kecap Lezat :

  1. Potonglah daging kambing kecil-kecil berbentuk dadu atau kubus. Ukuran jangan terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Sesuaikan saja dan dikira-kira nanti saat dibakar panas api bisa masuk ke seluruh potongan daging. Sehingga benar-benar matang dan enak.
  2. Selanjutnya kita haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah dan garam.
  3. Rendam daging kambing dengan bumbu tersebut. Langkah ini hanya optional, beberapa orang lebih menyukai membakar daging kambing tanpa bumbu tambahan.
  4. Tusuk daging kambing dengan tusuk dari bambu (tusuk sate), yang harus diperhatikan dalam setiap satu tusukan jangan terlalu rapat karena akan mempengarui proses pembakaran.
  5. Bakarlah sate sampai matang dengan sesekali diolesi kecap manis namun jangan terlalu banyak karena akan membuat daging gosong.
  6. Iris cabai dan bawang merah tipis-tipis lalu campur dengan kecap manis.
  7. Kini sudah siap untuk kita sajikan sate kambing dengan bumbu kecap tersebut.

Demikianlah cara membuat sate kambing empuk. Dengan langkah dan cara yang tepat, masakan sate kambing yang kita buat akan nikmat dan lezat. Hari raya pun semakin menambaha kebahagiaan hati.
Kita juga bisa menambahkan lalapan seperti irisan kubes serta tomat. Selamat menikmati dan praktekkan resep di atas. Jangan lupa juga baca resep nasi kuning.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Sate Kambing Empuk