Kreasi Menu Makanan Enak

Tips Praktis Setelah Mengiris Cabe Tangan Tak Menjadi Panas

loading...

Tips Praktis Mengiris Cabe Tangan Tak Menjadi Panas

Tips Praktis Setelah Mengiris Cabe Tangan Tak Menjadi Panas - Para bunda tentu sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan memasak. Memang tugas masak ini umumnya dilakukan oleh ibu dan remaja putri. Asyik sebenarnya memasak itu. Hingga para lelaki pun tidak sedikit malah memiliki hobi memasak. 

Cabe adalah bahan untuk memasak yang sudah populer. Bisa dikatakan hampir seluruh masakan dilengkapi dengan cabe ini. Rasa pedasnya menjadikan selera kita makan meningkat. Untuk memasak, kadang cabe harus diiris iris terlebih dahulu. Nah, pekerjaan mengiris cabe ini kadang membuat tangan menjadi panas. Tentunya hal ini merupakan ketidaknyamanan. Maka, agar memasak tetap menjadi kegiatan menyenangkan perlu untuk mengetahui bagaimana solusinya sehingga tangan gak menjadi panas. Berikut ini kami share tipsnya.

1. Memasukkan ke dalam garam atau beras
Anda bisa mencegah timbulnya rasa panas di tangan dengan cara memasukkan tangan ke dalam wadah berisi garam. Proses ini dilakukan setelah Anda memotong cabai, namun sebelum tangan terasa panas. Apabila merasa gak nyaman pake garam, anda bisa menggantinya dengan beras. Setelah memotong cabai, masukkan tangan Anda ke dalam beras selama beberapa menit saja. Garam dan beras akan membantu mendinginkan tangan Anda dari rasa panas
2. Mengoles dengan minyak
Cara yang satu ini sudah banyak dikenal orang. Sebelum memotong cabai, ada baiknya untuk mengoles tangan dengan minyak goreng jernih. Lapisan minyak goreng akan menghalangi tangan terkena kapsaisin yang membuat tangan panas.
3. Jangan sering- sering disiram air dingin
Ini akan membuat tangan kita menjadi semakin memanas, apalagi kalau dikepal, cukup siram air dingin sekali setelah selesai memasak supaya bersih, disabuni dan dibilas.

4. Bisa menggunakan air hangat panas panas kulit (bukan suam suam kuku). Bisa juga dengan air panas 1/2 bagian, air dingin 1/4 bagian dan tangannya direndem perlahan- lahan, diangkat terus dicelupin lagi, kalo tahan panas tangannya direndem aja terus, sampe enakan lah.

5. Menggunakan sarung tangan yang seperti buat masak kue
Nah kalo ini cara paling praktis, tapi ya itu, sayang sarung tangannya cuma sekali pake…kurang ramah lingkungan juga… Terus kalau jumlah banyak yang dipetik atau dikupas dibuang bijinya itu banyak, sarung tangan plastiknya bakal jebol juga dan harus ganti yang baru. Tapi tidak mengapa kalau kita mau.

Nah, semoga tips di atas bermanfaat untuk semua. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Praktis Setelah Mengiris Cabe Tangan Tak Menjadi Panas