Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Lumpur Kurma Manis

loading...


Resep Kue Lumpur Kurma Manis Enak Legit Rasanya. Ngomong masalah buah kurma yang merupakan tanaman padang pasir dengan buah yang manis khas. Umumnya tumbuh di negara timur tengah sana, namun kini mulai dilakukan riset untuk menjadikaan kurma bisa ditanam di belahan dunia lainnya. Manfaatnya yang banyak membuat banyak orang berantusias mencari tahu bagaimana menanamnya.
Kue Lumpur Kurma Manis


Diantara kegunaan dari kurma yakni membantu mengatasi masalah konstipasi, gangguan pencernaan, kanker abdomen, gangguan jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, memperlancar buang air kecil, menambah energi sehingga dapat menghilangkan rasa letih setelah melakukan banyak aktifitas, perlindungan terhadap terjadinya stroke, dan berbagai masalah kesehatan lain. Kurma sangatlah baik untuk menaikkan berat badan yang kurang. Kandungan nutrisi di dalam buah kurma yaitu vitamin, mineral, dan serat yang bagus, kalsium, sulfur, zat besi, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengkonsumsi satu buah kurma untuk tiap hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang.  Banyak orang Islam berbuka puasa dengan makan kurma dan minum air putih secukupnya. Tradisi seperti ini dengan berbuka puasa makan kurma membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 1/2 jam bagi yang mengkonsumsinya

Karena banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, kurma telah dijadikan sebagai bahan baku terbaik untuk berbagai makanan. Ditemui banyak orang mengkonsumsi kurma dalam berbagai cara, seperti : mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menjadikannya lebih nikmat. Ada pula yang membuat kue lumpur dengan bahannya salah satunya dari biji kurma. Kue lumpur merupakan  penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Kini sudah ada resep yang mengkombinasikannya dengan buah kurma. Tentu kabar baik bagi kita yang suka akan kurma. 

Untuk membuat kue ini kita juga harus menyiapkan beberapa bahan. Khusus untuk kurma kita mesti tahu kualitasnya. Cara memilih kurma yang berkualitas ialah
- tidak berkerut kulit arinya.
- ukuran buahnya besar, pada umumnya kalau ukurannya kecil maka kurma tersebut sudah lama mengering.
- tidak berbau.
- teksturnya empuk serta tidak keras.
- tidak lengket tatkala kita pegang.
- lebih baik membeli kurma yang ada kemasannya.

Baiklah kita langsung lihat uraian resep kue lumpur kurma manis berikut ini :

Bahan yang diperlukan :
  • 10 butir kurma, dipotong dadu
  • 2 buah telur ayam
  • 200 cc Susu cair vanila
  • 100 gr tepung terigu
  • 250 gr kentang yang sudah di cuci bersih lalu direbus, kemudian kupas kulitnya dan tumbuh halus
  • 2 sendok makan margarin 
  • 2 sendok minyak kelapa dilelehkan
  • 50 gr gula 
  • minyak sayur, untuk olesan wajan cetakan kue
  • garam seperlunya


Resep cara membuat kue lumpur kurma enak :
  1. Langkah pertama, 250 gram kentang halus dicampur dengan 2 butir telur ayam dan aduk hingga merata. 
  2. Lalu tuangkan susu cair rasa vanila, tambah garam, masukan 50 gram gula pasir dan margarin yang telah dilelahkan sambil diaduk-aduk terus.
  3. Masukkan terigu dan diaduk sampai rata. Adonan akan menggumpal, saring adonan agar teksturnya menjadi halus. 
  4. Kemudian, tuang adonan ke dalam cetakan kue yang sudah diolesi dengan minyak sayur dan  dipanaskan lebih dulu, lalu masak menggunakan api kecil dan ditutup secara rapat, kira-kira adonan setengah matang masukan kurma di atasnya, kemudian tutup lagi hingga matang.
  5. Angkat kue kurma yang telah matang dan kini sudah siap disajikan untuk keluarga anda di rumah. Kita bisa tambahkan taburan kismis warna warni sesaat sebelum kue benar benar matang.


loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Lumpur Kurma Manis