Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Pisang Goreng Pasir Istimewa

loading...

Resep Pisang Goreng Pasir Istimewa

Resep Pisang Goreng Pasir Istimewa Rasanya. Pisang merupakan buah yang jumlahnya sangat banyak. Dalam arti hampir dimana-mana mudah kita menjumpainya. Di pelbagai daerah baik di kota maupun desa. Pegunungan maupun yang berada di dataran rendah. Di banyak negara pun tanaman ini bisa hidup dan banyak yang membudidayakan. Sehingga wajarlah kalau komoditas ini terkenal sekali secara internasinal. Untuk masalah harganya, pisang sangat terjangkau sekali. Semua lapisan masyarakat mampu untuk membelinya. Dari jenisnya, pisang mempunyai variasi yang banyak. Pisang pun dapat dibuat berbagai aneka resep masakan. Ini salah satunya, Resep Pisang Goreng Pasir Istimewa. Gurih dan enak rasanya. Khusus untuk membuat pisang goreng pasir istimewa ini, kita pakai jenis Pisang Raja. Mencari pisang raja ini tidak sulit juga. Pisang raja ini mempunyai ciri-ciri antara lain :
- Buahnya pada umumnya berbentuk melengkung.
- Untuk ukuran buah cukup besar yaitu diameter 3,2 cm dengan panjang 12 sampai 18 cm.
- Kulit buah tebal dan berwarna kuning berbintik hitam pada buah yang sudah matang.
- Pisang raja ini mulai berbunga pada umur 14 bulan sejak anakan. Buah akan masak 5,5 bulan kemudian, dihitung sejak munculnya bunga.
- Dan pada daging buah yang sudah matang berwarna kuning kemerahan, bila dimakan terasa legit dan manis dengan aroma yang begitu harum.

Pisang raja kaya sekali dengan kandungan karbohidrat dan vitamin A. Sehingga bagus sekali dikonsumsi. Nah, sekarang kita mau bahas tentang gimana resepya. Mengapa pisang goreng ini ada kata "pasir"? Sedikit kita jelaskan. Umumnya orang membuat pisang goreng ya cuma pakai tepung aja. Tapi kalo yang ini, pisangnya yang belum digoreng dicelupkan ke dalam adonan khusus dulu barulah kita goreng. Dan balutan tepung roti atau adonannya menyerupai pasir sehingga dinamakan pisang goreng pasir. Jadi tidak memakai pasir betulan hehehe... . Rasanya pun lebih renyah dan mantap. Berikut ada resep lengkapnya, lho. Ok, kita segera cek aja resepnya di bawah ini.

Bahan membuat pisang goreng pasir :
  • pisang raja: 5 buah , potong kipas
  • coklat toping secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • tepung roti kasar/pangko: 150 gram 


Bahan untuk pencelup :
  • tepung terigu protein sedang: 200 gr 
  • air: 150 ml 
  • 1 butir telur ayam (tidak aku pakai)
  • garam secukupnya
  • gula pasir: 3 sdm 


Cara membuat pisang goreng pasir :
  1. Pada langkah awalnya, campurkan semua bahan untuk pencelup, lalu aduk rata, dan sisihkan. 
  2. Setelah itu, celupkan pisang raja  ke dalam adonan pencelup sampai rata, lantas tiriskan.
  3. Gulingkanlah pisang-pisang tersebut satu demi satu di atas tepung roti sampai rata.
  4. Lalu, gorenglah pisang sampai kuning kecoklatan warnanya  dan matang. 
  5. Angkat dan tiriskan. Siap untuk disajikan sekarang.


Bila biasanya kita buat pisang goreng biasa, maka kali ini akan lebih spesial. Boleh juga lho segera untuk dicoba Resep Pisang Goreng Pasir Istimewa. Saat disajikan, sertakan pula coklat toping/ atau keju. Tambah gurih deh. Sajikan pula pada saat masih hangat. Alangkah bagus pula bila Anda berkenan membagikan resep ini ke rekan atau tetangga. Pastinya mereka sangat berterima kasih. Ok, selamat mencoba ya:). Jangan lupa pula untuk baca Resep Pisang Goreng Keju dan Resep Kue Godok Pisang Enak.


loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Pisang Goreng Pasir Istimewa