Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Cara Mudah Merebus Singkong

loading...

Cara Mudah Merebus Singkong

Resep Cara Mudah Merebus Singkong - Adanya bahan makanan di sekitar kita menjadikan kemudahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahan yang alami merupakan pilihan banyak orang untuk saat ini. Lebih enak dan natural banget gitu. Contoh yang sudah tak asing lagi ialah singkong. Untuk menikmatinya, yang paling sederhana ialah dengan cara direbus. Tetapi ternyata ada caranya tersendiri dalam merebus singkong ini.
Semisal adal permasalahan dengan singkong yang tidak mau merekah ketika direbus, dan kalau merekahpun membutuhkan waktu merebus yang lama. kong-

Sebetulnya kita tak perlu butuh waktu yang lama, hanya merebus selama 1/4 jam sejak panci berdesis dan hasilnya, merekah cantik teman-teman. Pas dimakan, aduuhh lembutnya, sangat cocok dimakan bareng teh manis hangat deh. 

Terus bumbunya apa saja ya? Bumbu yang digunakan hanya bawang putih dan garam. Sederhanya saja kan?

Untuk singkong yang dijadikan contoh di atas memang yang benar-benar keras. Jadi saran saya waktu yang digunakan untuk merebus sebaiknya dikurangi menjadi 8 sampai 10 menit saja jika dirasakan singkongnya tidak terlalu keras. Atau lembek gitu. Takutnya nanti malah gak jadi enak singkongnya.

Sebelumnya di bawah ini ada uraian beberapa jenis singkong. 
1. Singkong Manggu
Singkong manggu berasal dari Jawa Barat yang telah dikenal sejak lama dan mempunyai diameter batang 4 - 5 cm. Jenis singkong yang satu ini bisa dikonsumsi karena mempunyai rasa yang enak, manis, dan dapat diolah menjadi beragam makanan. Singkong manggu mudah ditanam, mudah dikupas, dagingnya empuk, dan renyah serta mempunyai kadar pati yang tinggi. Dapat diolah menjadi aneka macam makanan seperti Brownis Singkong, Keripik Singkong, Getuk, Gaplek, Opak, Gorengan Combro/Misro, Tape, Singkong Goreng, Singkong Bakar, Singkong Rebus, Kerupuk Kulit Singkong, hingga tepung Mocaf. Selain bebas racun, singkong Manggu juga mudah ditanam, mudah dikupas, dagingnya empuk dan renyah serta memiliki kadar pati tinggi. Singkong manggu ini dapat dipanen sejak umur 7 bulan dengan hasil rata-rata 5-7 kg umbi per batang.

2. Singkong Kuning atau Singkong Mentega
Singkong ini mempunyai tekstur lebih kenya dan legit serta warna yang kuning. Masakan yang dibuat menggunakan singkong ini mempunyai warna yang cantik dan menggugah selera. Singkong kuning sering dibuat menjadi tape singkong dengan rasa yang manis dan warna kuning yang cantik. Masa panen Singkong Mentega ini yakni pada umur 13 bulan.

3. Singkong Mukibat
Singkong mukibat berasal dari Jawa Timur yang ditemukan oleh Mukibat, seorang petani di desa Ngadiluwih, Kediri. Singkong mukibat merupakan hasil dari okulasi atau penyambungan antarbatang. Mukibat pertama kali membudidayakan singkong ini dengan cara menyambung singkong biasa dengan singkong karet. Biasanya, umbi singkong mukibat diambil patinya untuk diolah sebagai bioetanol.

4. Singkong Gajah
Singkong ini berasal dari Kalimantan Timur dan mempunyai umbi yang besar dengan diameter 8 cm. Ketela yang satu ini bisa dikonsumsi dan mempunyai rasa yang gurih seperti mengandung mentega. Keunggulan dari Singkong Gajah ini memiliki umbi yang berat, mudah ditanam, dapat langsung dikonsumsi sebagai bahan makanan pengganti beras dengan rasa ketan, dan umur panennya 6 hingga 10 bulan dengan hasil panen hingga 80 kg.

5. Singkong Putih
Singkong putih memiliki tekstur yang lebih keras dan warna yang putih. Singkong yang satu ini cocok untuk aneka resep yang memakai teknik rebus atau kukus seperti kolak singkong, sup singkong daging, dan lain sebagainya.

6. Singkong Emas
Jenis singkong ini merupakan rekayasa bibit singkong dari Thailand yang dikawinkan dengan singkong karet lokal. Umbi ini pertama kali diperkenalkan di Bengkulu dan ditanam oleh petani Bengkulu. Umbi singkong emas ini bisa diolah pabrikasi menjadi beragam produk jadi seperti tepung terigu, minyak kompor, spirtus, bahan pembuat jamu hingga pakan ternak.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Mudah Merebus Singkong