Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Kue Mochi Isi Kacang Enak

loading...

Kue Mochi Isi Kacang Enak

Resep Kue Mochi Isi Kacang Enak Spesial. Kata "mochi" asalnya dari jepang. Mirip dengan perayaan tradisional tahun baru jepang yaitu mochitsuki. Di Indonesia, yang cukup terkenal dari Kota Sukabumi Jawa Barat. Anda para penggemar kue mungkin sudah tak asing lagi dengan kue mochi ini. Seiring dengan peralatan memasak yang berkembang modern dan kini para ibu rumah tangga memilikinya, maka membuat kue menjadi lebih mudah. Hanya saja, kue apa yang hendak dibikin. Tentu ini perlu dicari jenis yang paling cocok dan menjadi pilihan kita. Nah, gimana klo hari ini kita buat kue moci dengan isi kacang yang mantap. Enaknya kue tersebut menjadikan penasaran dan rindu sekali untuk bisa bikin sendiri di rumah. Kue ini memiliki tekstur kenyal namun manis dan terdapat tumbukan kacang sangrai di dalamnya. Mungil bentuknya. Bahan bahan yang dibutuhkan kita sediakan terlebih dahulu. Begitu pula dengan proses membuatnya, kita mestinya juga perlu mengerti benar. Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain: beras ketan, tepung beras, gula pasir dan lain-lain. Dibagi menjadi dua, yaitu untuk bahan kulit dan isi. Kalau yang bahan isi, terdiri dari kacang tanah yang disangrai, selai kacang, susu kental manis. Semua bahan hendaknya dipilih dari merk atau kualitas terbaik. Sehingga hasilnya pun baik. Mendekati hari raya idul fitri atau lebaran, sangat banyak ibu rumah tangga yang membuat sendiri. Dan hasilnya kue pun menarik diihat dan enak. Pintar mereka mempraktekkan resep makanan. Jadi iri deh, ingin seperti mereka. Tentu bangga bisa bikin kue mochi kesukaan keluarga tercinta. Sebetulnya tidak sulit juga kok porsesnya. Baiklah, untuk itu mari kita lihat uraian resepnya berikut ini:

Bahan Kulit :

  • 150 gram tepung ketan
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 60 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 30 gram tepung beras
  • pewarna hijau secukupnya
  • 1 sendok makan air kapur sirih
  • 1/2 sendok teh vanili


Bahan Isi (semua bahan dicampur serta diaduk rata) :

  • 100 gram selai kacang
  • 3 sendok makan gula halus
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • 200 gram kacang tanah, sangrai haluskan


Bahan Pelengkapnya :
100 gram tepung meizena, sangrailah dengan api yang kecil

Cara Membuat Kue Moci Isi Kacang adalah :

  1. Langkah yang pertama yakni campurkanlah dan aduk rata semua bahan kulit, kecuali air dituangkan terakhir sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
  2. Kukus adonan selama 1/4 jam, keluarkan lalu aduk-aduk selama 2 menit. Kukus lagi adonan hingga benar-benar matang sekitar 20 menit. Angkatlah dan diamkan adonan sampai hangat kuku.
  3. Ambil sejumput adonan, berilah satu sendok teh bahan isi, bentuk bulat-bulat.
  4. Gulingkan ke atas tepung meizena yang sudah di sangrai. Angkat terus diatur di wadah sebelum disajikan.
  5. Sekarang sudah siap untuk kita hidangkan.


Mudah dan tak repot kita membuatnya bukan? Yuk langsung saja kita praktekkan resepnya di rumah. Bagi pula cara membuat kue moci isi kacang ini kepada tetangga atau teman. Mungkin akan bermanfaat bagi mereka. Silakan juga baca resep kue kastengel untuk persiapan lebaran nanti.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Mochi Isi Kacang Enak