Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Tahu Pletok Komplit Sambal Enak

loading...

Tahu Pletok Komplit Sambal Enak

Resep Tahu Pletok Komplit Sambal Enak - Makanan ini agak begitu aneh mungkin bagi sebagian orang. Sebabnya, mereka belum mengenal, sih. Namun, sangat banyak pula yang menyukainya. Tentang mengapa dinamakan tahu pletok karena ketika digoreng, makanan tahu pletok ini berbunyi pletok pletok. Itulah cerita singkat sejarahnya. Rasanya begitu gurih, dengan bahan isian dari tepung sagu yang lezat rasanya. Tentu dengan racikan bumbu yang tepat pula. Enak dalam setiap gigitan. Cocok untuk jadi pelengkap ketika kita minum teh atau kopi hangat, sembari ngobrol apa aja misalnya. Biasa disandingkan dengan sambal kecap pedas. Jajanan yang satu ini memang istimewa, dari orang tua sampai anak-anak pada menyukainya. Bahkan di dalam berbagai acara pun ada sajian tahu pletok ini. Akan sangat spessial bila kita bisa membuatnya lalu menghidangkannya. Untuk membuatnya tidaklah sulit, lho. Gampang sebenarnya. Yuk, kita cek bahannya dulu berikut ini :

Bahannya Isi Tahu Pletok Sambal Enak :

  • 2.250 gram tepung sagu
  • 1.500 ml air panas
  • 7 batang daun bawang, diiris halus


Bumbu Halusnya  :

  • 1 sendok makan merica bubuk
  • 450 gram bawang putih
  • 1 1/2 sendok makan garam


Bahan Sambal Kecap Tahu Pletok :

  • 500 ml kecap manis
  • 100 gram bawang putih
  • 50 gram cabai rawit merah


Cara Membuat Tahu Pletok Komplit Sambal Enak Lezat :

  1. Untuk bahan Isi : campurkanlah air panas, tepung sagu serta bumbu halus, aduklah sampai rata. Kini tambahkanlah daun bawang  terus diaduk lagi hingga menjadi rata.
  2. Berikutnya, langsung kita gorenglah tahu sampai jadi berkulit. Belahlah tahu menjadi diagonal tak putus. Selanjutnya, lebarkanlah dengan memakai pisau, berilah dengan bahan isi dan gorenglah di dalam minyak yang telah dipanasi sampai matang benar terus ditiriskan.
  3. Untuk membuat sambal kecap: Pertama, gorenglah cabai rawit merah dan bawang putih. Lalu, haluskan serta tambahkan kecap manisnya. Aduklah hingga rata betul.
  4. Sekarang, siap kita sajikan tahu pletok bersama dengan sambal kecap ketika masih hangat.


Mantap deh rasanya. Begitu simpel kan? Proses pembuatanya amat gampang aja. So, pastikan kita cobain aja Resep Tahu Pletok Komplit Sambal Enak. Selamat mencoba : )

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Tahu Pletok Komplit Sambal Enak