Kreasi Menu Makanan Enak

Resep Apem Selong Spesial

loading...

Apem Selong Spesial

Resep Apem Selong Spesial - Sebuah cerita menarik dari seorang teman tentang makanan tradisional dari Pulau Jawa. Di saat ia berkunjung ke rumah temannya di luar kota, disuguhkanlah sebuah makanan yang sebelumnya jarang ditemukannya. Enak betul rasanya. Bisa menyaingi bahkan sepadan dengan kue-kue modern saat ini. Namanya kue apem selong yang istimewa. Kalo dirunut sebetulnya ada variasi dari apem ini. Kali ini yang diulas hanya apem selong saja. Secara fisik, bentuknya bulat bundar dan dipinggirannya kelihatan ada kulit kering. Inilah yang membedakannya dari apem selainnya. Tampilannya boleh dibilang menarik lah gitu. Asalnya jajanan enak ini dari Surabaya. Memang mirip dengan apem lainnya yang ada. Ada yang menyebut selong, renda atau ceylon.  Seratnya yang bagus menambah cita rasa dari apem enak ini. Kini kalau ada acara khusus seperti hajatan atau pengajian sering kita temui. Bahkan, snak rapat pun tidak luput dari hidangan yang satu ini. Ah, baiknya kita langsung lihat bahan-bahannya aja lah seperti berikut ini :

Bahan yang diperlukan :
  • 500 ml santan
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 1/4 kg tepung beras
  • 1 butir telur
  • 125 ml air kelapa
  • secukupnya garam
  • 225 gram gula pasir 


Cara Mudah Membuat Makanan Apem Selong :
  1. Siapkanlah wadah lalu campurkanlah bahan tepung terigu, telur, gula, ragi instan, terus aduklah sampai rata.
  2. Santan dan air kelapa dimasukkan sembari diaduk. Biarkan adonannya.
  3. Bila telah didiamkan adonan selama 60 menit dan tambahkan garam kemudian aduk lagi.
  4. Panasilah wajannya lalu ambilah sesendok sayur adonan tuang melebar ke samping wajan dengan berputar.
  5. Selanjutnya, tutupilah wajan bila suka tika setengah matang dapat diberi potongan nangka juga potongan pandan pada atasnya atau bisa pula meises, pisang, dan lain-lain. Disesuaikan dengan kesukaan. Bila dah matang, angkat, dinginkanlah.


Demikianlah cara bikinnya. Dah,  sekarang kita sediakan semua bahan dan praktekkan saja langsung Resep Apem Selong Spesial. Siaplah klo begitu, ya kan ? Jangan lupa untuk juga membaca resep bubur.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Apem Selong Spesial